Al-Ustadz Qomar Suaidi, Lc.
Asy-Syaikh
Utsaimin adalah seorang ulama yang punya perhatian besar terhadap
akidah. Karya, ceramah, dan syarah (penjelasan) beliau terhadap
matan-matan akidah sangatlah banyak, menyangkut akidah dalam bidang
uluhiyah, rububiyah, dan asma wa shifat, atau akidah secara umum. Tentu,
akidah yang beliau yakini dan dakwahkan adalah akidah salafiah Ahlus
Sunnah wal Jamaah, mengikuti para sahabat nabi. Dalam salah satu
karyanya yang berjudul Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah, beliau berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam meninggalkan umatnya di atas jalan lurus yang sangat terang malamnya bagaikan siangnya.
Tidaklah
tergelincir darinya melainkan orang yang binasa. Umatnya yang menyambut
seruan Allah dan Rasul-Nya berjalan di atas jalan tersebut. Mereka
adalah makhluk pilihan Allah Subhanahu wata’ala dari kalangan
para sahabat dan tabi’in, serta yang mengikuti mereka dengan baik.
Mereka menegakkan syariatnya dan berpegang dengan ajarannya serta
menggigitnya dengan gigi geraham, dalam hal akidah, ibadah, akhlak, dan
adab, sehingga mereka menjadi kelompok yang selalu unggul di atas
kebenaran. Tidak mencelakakan mereka orang yang mengacuhkan mereka atau
menyelisihi mereka, sampai datang ketetapan Allah Subhanahu wata’ala
dan mereka tetap di atasnya. Kami—segala puji bagi Allah— berjalan di
atas jejak mereka. Kami mencontoh perilaku mereka yang didukung oleh
al-Qur’an dan sunnah. Kami katakan hal itu sebagai bentuk menyebutkan
nikmat Allah Subhanahu wata’ala dan menerangkan terhadap kewajiban yang semestinya di atasnya seorang mukmin.”
Demikian
jelas jalan yang beliau tempuh. Karya-karya beliau menjadi bukti
tentang akidah yang beliau anut. Karya yang lain dalam bab akidah sangat
banyak, kecil maupun besar, dalam bentuk syarah (penjelasan) buku-buku
akidah, Kitabut Tauhid, al-Aqidah al-Wasithiyah, dan Lum’atul I’tiqad; atau dalam bentuk ringkasan buku akidah, semacam Fathu Rabbil Bariyah ringkasan Hamawiyah, Taqrib Tadmuriyah ringkasan kitab Tadmuriyah; atau buku-buku yang khusus beliau tulis dalam bab akidah, seperti Syarh Ushulil Iman, al-Iman bil Qadar, dan al-Qawaid al-Mutsla.
Ciri khas yang sangat tampak pada tulisan-tulisan beliau adalah sangat
sistematis, sederhana, jelas, dan selalu didukung dengan dalil aqli dan
naqli.
Fikih Ibadah dan Ittiba’
Sekilas,
jika seseorang melihat beliau, mungkin akan menganggap beliau sebagai
ulama Hanbali. Sebab, beliau tumbuh di lingkungan yang sarat dengan
mazhab Hanbali dan perhatian besar terhadap buku-buku ulama Hanbali.
Namun, apabila seseorang menyelami karya-karya beliau dan mendengar
pelajaran-pelajaran fikih beliau, dia pasti mengetahui bahwa beliau
adalah seorang yang sangat terikat dengan dalil dan selalu ittiba’ dengannya,
serta sangat memerangi takllid buta dan fanatik golongan. Taklid hanya
dibolehkan pada kondisi tertentu. Untuk melihat hal itu secara nyata,
bisa kita baca kitab asy-Syarhul Mumti’. Betapa sering beliau menyatakan lemahnya pendapat penulis Zadul Mustaqni’. Beliau mengatakan, “Di antara hak Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam atas kita, yang hal itu di atas hak kedua orang tua kita, adalah kita memurnikan ittiba’ kepadanya.
Artinya, kita tidak boleh mendahuluinya. Jadi, kita tidak boleh
mensyariatkan dalam agamanya sesuatu yang tidak beliau syariatkan dan
tidak melampaui apa yang beliau syariatkan, atau menyepelekan
syariatnya. Firman Allah Subhanahu wata’ala,
قُلْ إِن كُنتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ
Katakanlah, ‘Jika
kalian (benarbenar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah
mengasihi dan mengampuni dosa-dosa kalian.’ Allah Maha Pengampun lagi
Maha Penyayang. (Ali Imran: 31).”
Tentang taklid, beliau katakan, “Dalam atsar ini
terdapat peringatan dari taklid buta dan fanatik mazhab yang tidak
terbangun di atas dasar yang selamat. Sebagian orang melakukan kesalahan
yang parah, saat dikatakan kepadanya, “Rasulullah bersabda…,” ia
menjawab, “Tetapi, dalam kitab fulan begini dan begini….” Hendaklah ia
bertakwa kepada Allah subhanahu wat'ala yang berfirman dalam kitab-Nya,
وَيَوْمَ يُنَادِيهِمْ فَيَقُولُ مَاذَا أَجَبْتُمُ الْمُرْسَلِينَ
Dan (ingatlah) hari (di waktu) Allah menyeru mereka, seraya berkata, “Apakah jawaban kalian kepada para rasul?” (al-Qashash: 65)
Allah Subhanahu wata’ala tidak mengatakan, apa jawaban kalian terhadap fulan dan fulan.” “Jika suatu hukum tidak tampak bagi seseorang, dia wajib bertawaqquf. Ketika itulah taklid baru diperbolehkan dalam kondisi darurat. Ini berdasarkan firman Allah Subhanahu wata’ala,
فَاسْأَلُوا أَهْلَ الذِّكْرِ إِن كُنتُمْ لَا تَعْلَمُونَ
“Bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui.” (an Nahl: 43 danal-Anbiya: 7)
Salah
satu contoh praktik beliau dalam mengikuti dalil adalah dalam hal batas
berhentinya darah di masa haid jika kurang dari satu hari, apakah
menjadi tanda suci atau tidak. Beliau mengatakan, “Yang masyhur dalam
mazhab Hanbali bahwa ‘darah berarti haid dan bersih berarti suci,’
kecuali apabila penggabungan antara keduanya melebihi masa kebiasaan
haid, berarti darah yang lewat dari masa tersebut adalah darah
istihadhah. Tetapi, dalam kitab al-Mughni disebutkan, masa suci yang kurang dari satu hari tidak perlu dianggap. Pendapat itulah yang benar, insya Allah.
Sebab, darah itu terkadang mengalir dan terkadang berhenti, dan
mewajibkan mandi atas orang yang suci sesaat demi sesaat adalah hal yang
memberatkan. Ini adalah sebuah keberatan yang mestinya ditiadakan
berdasarkan firman Allah Subhanahu wata’ala,
وَمَا جَعَلَ عَلَيْكُمْ فِي الدِّينِ مِنْ حَرَجٍ ۚ
“Dan Dia sekali-kali tidak menjadikan untuk kalian suatu kesempitan dalam agama.” (al-Hajj: 78)
Jadi,
atas dasar ini terhentinya darah yang kurang dari satu hari bukan
berarti suci, kecuali engkau melihat hal yang menunjukkan kesuciannya.
Misalnya, apabila kesuciannya itu di akhir kebiasaan masa haidnya atau
engkau melihat cairan lendir putih.” (Risalah Fi Dima ath-Thabi’iyyah)

Tidak ada komentar:
Posting Komentar